Cari Blog Ini

Minggu, 01 Januari 2012

9 TAHUN AKU MENCINTAINYA


2002
Merupakan titik awal aku mulai belajar mencintai musik yang sesungguhnya,. Untuk pertama kalinya membeli kaset original yaitu album ketiga SHEILA ON 7 yang berjudul “07 Des” di sebuah toko kaset di Medan Mall.  
Kenapa aku suka dengan SO7? Karena musik mereka mewakili aku yang kesepian, mungkin bagi sebagian orang terasa bodoh. Tapi bagi anak yang selama bertahun-tahun pindah rumah dan tak memiliki pergaulan musik adalah sebuah jawaban, dan SO7 hadir disaat yang tepat. Ceria! Itu yang dibutuhkan olehku saat itu.
Setelah mendengar album itu untuk pertama kali, mulai terpikir untuk mempelajari sebuah instrumen. Niat awalnya sederhana, aku pengen memainkan lagu-lagu di album tersebut. Aku mulai memahami hanya dengan sebuah NIAT, segalanya bisa terjadi.  Niat tersebut membawaku ke sebuah kursus musik yang dikenalkan oleh sahabatku sejak SMP Boy Pane (kelak ia akan menjadi salah satu partner terbaikku dalam bermusik). Kenapa kursus? Tak adakah orang lain yang mau mengajarkan aku? Hahahaha,.. saat itu aku sangat tertutup karena aku masih minder dengan statusku yang anak pindahan. Aku belajar dasar gitar selama 7 bulan disana dan cukup menjadikan aku BISA memainkan gitar, dan dari gitar pula aku mengetahui prinsip nada pada piano dan bass adalah sama. Semua menggunakan tangga nada dan chord. Sedikit-sedikit aku memahami drum setelah iri melihat seorang guru drum memainkan instrumen tersebut.
Ketika pertama kali memiliki gitar adalah saat membahagiakan bagi hidupku. Hari itu sepulang dari les untuk pertama kali aku menyentuh gitar pemberian bapak. Lagu perdana yang aku kulik adalah mimpi yang sempurna dari Peterpan. Em-C-G-D,.. itu kuncinya.
Dan di tahun ini juga aku mulai menulis lagu, lagu pertamaku berjudul “LAGU UNTUK SAHABAT”.



2003
Masa - masa ngeband SMP, rasanya masih seperti kemarin kita duduk di dalam studio ARENA. Hanya untuk saling bertanya “lagu apa woi?”. Hahaha,. Maklum kita hanya punya stok lagu sedikit. Tapi aku cukup bangga karena belajar dari mereka yang berbakat musik,. Tak seperti aku yang hanya memiliki NIAT tanpa bakat,. Aku mengenal Anggi, drummer jenius (suatu kesalahan membawanya ke studio dan bermain dengan idiot seperti kami), Boy pane, Fendy (Drummer eksentrik, kelak menjadi drummer dengan solo yang bagus) dan abangnya Riki (gitaris yang luas pengetahuan musiknya).
Masih terbayang kita menghabiskan waktu dirumah fendy hanya untukmengulik lagu guns n roses, atau melompat lebih tinggi nya SO7. Pernah suatu ketika aku berkelahi di sekolah dan aku memilih studio untuk menyegarkan pikiran.
Bersama mereka pengetahuan musikku bertambah luas dan semakin mencintai musik karena tertantang untuk mengejar kemampun mereka. Jika tidak mengenal mereka mungkin karir musikku hanya sampai pada tahap memainkan gitar. Mental bertanding aku peroleh dari masa ini!
Oh ya, pada saat ini pula untuk pertama kali aku diplot menjadi pemain bass. Sayangnya sebelum aku serius pada instrumen itu posisiku di gantikan oleh Jeffry (bassist keren juga nih alumni SMK musik top medan) dan aku kembali memainkan gitar.




2004 - 2006
Kenapa aku menjadi pemain bass?? Pada masa inilah terjawab. Setelah tak bersama lagi dengan teman-teman sebelumnya karena Fendy pindah rumah dan aku sibuk akan kegiatan SMA. Aku mulai menemukan teman-teman seide. Awalnya diajak oleh teman-teman sekelas SMA untuk proyekan band. Sayangnya saat itu ada 3 gitaris, dan tak ada pemain bass. Karena merasa pernah main bass (walau tak memiliki basic yang cukup) akhirnya aku “mengalah” menjadi pemain bass (suatu keputusan yang aku syukuri seumur hidupku).
Di era inilah aku mengenal :
1.       Juanda (gitaris yang sangat aku hormati karena skill dan attitudenya)
2.       Dedy (drummer yang sangat ramah, salah satu sahabat)
3.       Janter ( drummer pekerja keras, membuktikan bahwa bakat itu kalau tak diolah hanya menjadi sampah.
4.       Yosia (gitaris yang sama denganku, kita selalu tertantang untuk mempelajari seusuatu yang baru)
5.       Mayer (vokalis berbakat, suaranya Eric Martin)
Kita membentuk band serius bernama CRUX. Kita mengincar festival sekolah , dan Alhamdulillah sering berakhir dengan kemenangan. Salah satunya yang paling bermakna adalah ketika menjuarai festival band SANDHY PUTRA dan PRSU. Band ini sangat terbantu oleh kemampuan skill Juanda dan Janter. Kemampuan aku yang tak sebeapa saat itu mampu mereka tutupi dengan sempurna.
Tak dipungkiri aku mengenal dahsyatnya persaingan pada era ini. Dimana kita mulai memikirkan aransemen dan “atraksi” panggung. Menyusun konsep hingga berpakaian. Semua aku pelajari pada saat ini. Kelak akan sangan membantu aku pada masa selanjutnya.
Untuk pertama kali rekaman pada masa ini juga. Dengan mengajak vokalis sahabat SMP, Boy Pane. Tak pernah menyangka lagu kita berjudul SETIA DISAMPINGKU akan populer di radio. Padahal kita masih band sekelas SMA.




2007
Sibuknya masa awal kuliah dan konflik membuat CRUX berganti-ganti personil. Gitaris dan drummer merupakan posisi yang paling sering berganti. Pada saat itu aku mengenal Irwin Fachdiyanto (drummer yang sangat perfeksionis dan pencinta lagu handal). Ia merupakan salah satu pengganti drummer kita. Pada suatu ketika dia mengajak saya untuk membuat proyek bersandi HOPPIPOLLA. Proyek yang sangat menyita waktu, dan membuat CRUX terbengkalai. Bersama Hoppipolla saya menemukan bagai mana musik dikonsep menjadi suatu yang idealis tetapi tetap menghibur. Sayangnya kebersamaan saya dengan mereka cepat berakhir. Karena perbedaan visi dengan personil lainnya.
Sempat saya ingin berhenti bermain musik. Visi musik saya hancur akibat perpisahan itu. Namun semuanya diselamatkan oleh TRENDSETTER!!!!.
Iya, TS adalah band saya sekarang, dibentuk oleh 3 orang, saya, Edy dan Uky. Kami hanyalah musisi yang senang belajar. Band ini di konsep untuk festival. Dengan sedikit pengalaman SMA saya mencoba membangun band ini dari awal. Hasilnya signifikan dan itu kita ceritakan pada era selanjutnya.




2008 - 2012
Ini adalah masa-masanya TRENDSETTER!!!
Band yang saya bentuk bersama  Edy dan Uky merupakan proyek putus asa kita karena sebelumnya kita slalu berganti2 band. Hal ini yang membuat kita SOLID hingga saat ini.
Aku mengenal beberapa orang yang cerdas menurutku :
1.  Edy ( aku gag pernah menyangka bakal ketemu drummer seperti Fendy lagi, ternyata Edy melebihi ekspektasiku)
2.       Uky (gitaris yang kemampuannya belajarnya sangat cepat! Sang perumit lagu)
3.       Rano ( keyboardist dengan dengan pengalaman dan pengetahuan musik yang luas)
4.       Jefry (vokalis bersuara rock tinggi)
5.       Ryan (vokalis yang punya suara dengan soul yg bagus)
Bersama TS saya mendapat banyak penghargaan seperti bisa maen dwiki dharmawan dan menjuarai Java jazz,.


Dan pada 2012 ini saya ingin mengurangi kegiatan bermusik saya, bukan tak cinta ataupun jenuh,. Tapi kegiatan kuliah yang saya siasiakan selama 3 tahun ini harus segera di selesaikan,. Tapi saya gag akan lepas tangan,. Berbagai proyek yang telah dicanangkan harus selesai baru bisa tenang,.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar